Popads

Split/Second Review

Bagi para Gamer's yang mengaku bahwa dirinya adalah penggemar berat game-game bertema balapan, Split/Second merupakan salah satu game yang patut untuk dicoba. Selain menyenangkan dan sangat menarik, kami juga merasa game tersebut adalah salah satu game balapan terbaik yang pernah dibuat sejauh ini. Dalam permainan, tujuan utama kamu cukup sederhana. Kamu adalah seorang kontestan yang ikut berpacu dalam sebuah acara TV yang disebut dengan Split/Second dan disini kamu akan diminta untuk berlomba dengan pembalap lain di arena yang memang bisa dihancurkan ini.

Split/Second memiliki lingkungan-lingkungan yang paling indah (dan paling seru untuk dihancurkan) yang pernah kami temukan dalam game-game balapan. Apabila gamers mencoba untuk membandingkan game ini dengan Burnout ataupun Motorstorm, kami yakin gamers tidak akan berpikir dua kali untuk memilih Split/Second. Bayangkan, mulai dari pesawat jet yang dihancurkan sampai dengan longsor yang siap menerjang mobil yang kamu gunakan, semuanya itu dijamin bisa membuat kamu terpana.
Dari segi grafis, sebenarnya game ini memiliki desain yang pas-pasan. Tapi untungnya, Black Rock mampu mendayagunakan efek-efek seperti pencahayaan dan warna sehingga membuat game ini terlihat begitu bagus. Setiap arena pertandingan memiliki perbedaan dan temanya tersendiri. Semua itu berhasil diberikan tanpa memberikan sedikitpun perasaan monoton. Apabila gamers adalah tipe pembalap yang menyukai kehancuran masal di sekeliling area balapan layaknya dalam film-film laga, maka kami sangat merekomendasikan game yang satu ini.

Nah, apabila gamers sudah membeli game ini, mungkin mau mempertimbangkan untuk memainkan game tersebut di sebuah ruangan tertutup yang lengkap dengan home theater yang mantap. Kenapa? Karena semua hal yang berurusan dengan suara juga sangat mengagumkan dan benar-benar terdengar nyata. Mulai dari ledakan sampai dengan suara-suara keras hasil kekacauan yang ada di sekitarnya, semuanya nyaris tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Begitupula dengan musiknya yang terdengar sangat sesuai dengan situasi permainan yang menegangkan.

Dibuat dengan gaya seperti halnya acara televisi, Split/Second menawarkan 12 episode yang bisa kamu mainkan dalam satu mode single player. Total ada empat jenis balapan di setiap episode yang telah terbuka dan setiap kali kamu berhasil memenuhi kuota poin yang diminta, kamu secara otomatis akan mendapatkan kendaraan baru yang semakin lama semakin hebat. Benar-benar sebuah game yang lengkap dengan variasi-variasi permainan yang tidak membosankan.

Dalam hal pengendalian permainan, Split/Second ini bisa dikatakan memiliki cara pengendalian yang menggabungkan antara Burnout dengan Project Gotham dan dititikberatkan sekali pada drifting  dan juga drafting saat sedang balapan. Drifting merupakan kemampuan yang harus benar-benar kamu kuasai disini apabila kamu ingin agar bisa menguasai arena balapan dengan baik. Nah, semakin banyak kamu melakukan drifting dan drafting, nantinya kamu akan secara otomatis mengisi bar yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan Power-Play, elemen utama yang menjadi kunci sukses dalam game ini. Power-Play berfungsi untuk mengaktifkan ledakan dan kehancuran untuk mengganggu konsentrasi kendaraan lain.

Pada awalnya, mungkin Power-Play ini cenderung biasa saja. Tapi semakin ke dalam, kamu akan merasakan bahwa ternyata mekanisme permainannya tidak hanya sekedar itu saja. Salah satu Power-Play  yang paling mematikan disini baru bisa kamu akses nantinya setelah kamu mengisi penuh bar yang terletak di bagian tengah bawah layar kamu. Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan Power-Play yang paling sadis dan wah yang pernah ada (bayangkan sebuah gedung besar runtuh atau jalanan flyover tiba-tiba rubuh di depan kamu). AI juga tergolong cukup menantang karena disini, mereka tidak akan dengan mudah membiarkan kamu menang begitu saja. Seperti halnya kamu, AI juga bisa mengaktifkan Power-Play dengan tujuan menghentikan laju kendaraan kamu.

Saking sulitnya AI, sampai-sampai kamu sama sekali tidak boleh membuat kesalahan apapun saat sedang balapan. Pasalnya, hanya dengan sedikit kesalahan saja, sudah bisa membuat kamu terpaksa mengulang permainan, terutama bagi gamer yang memang mengincar posisi pertama. Jadi, jangan heran apabila kamu akan sering sekali mengulang permainan karena sebelumnya kamu telah melakukan kesalahan dan juga digagalkan oleh para AI tersebut. Ini bukanlah sebuah masalah besar, tapi bagi gamers yang cepat naik darah, jangan sampai kontroler yang sedang dipegang langsung dibanting hanya karena kalah cepet sepersekian milidetik saja.

Dari segi kendaraan, kamu juga tidak perlu khawatir karena Split/Second menyajikan sejumlah besar kendaraan-kendaraan keren, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perlu diketahui juga bahwa dalam game ini, kamu tidak akan menemukan mobil yang sempurna. Kamu harus bisa memilih kendaraan sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan kondisi pertandingan, walau ada beberapa pertandingan yang telah menentukan kendaraan apa yang harus kamu gunakan.

Mode permainan termasuk cukup inovatif dan beragam karena game ini menyajikan banyak sekali rintangan-rintangan yang perlu kamu lewati. Ada episode dimana kamu harus berlomba dengan kendaraan lain karena siapapun yang menempati posisi paling belakang, maka secara otomatis ia akan tereliminasi. Satu-satunya cara untuk bisa bertahan di perlombaan ini adalah dengan cara tetap menjadi juara satu. Ada juga mode dimana kamu harus berusaha menghindari serangan berupa tembakan roket ataupun drum yang dijatuhkan dari mobil-mobil yang siap meledak apabila mengenai mobil kamu.

Komentar terakhir dari kami, Split/Second merupakan game wajib bagi para gamers yang mengaku sebagai pembalap sejati. Tingkat rintangan yang diberikan benar-benar sangat menantang dan kami rasa penggemar game balapan dan juga hardcore tentu akan sangat menikmatinya. Ini adalah salah satu dari sekian banyak game bagus yang sangat kami rekomendasikan.

Developer: Black Rock Studio
Publisher: Disney Interactive Studios
Genre: Driving
Minimum Requirement:
Windows XP/Vista/7
Pentium 4 3.0 GHz
2 GB RAM
6.5 GB hard disk space
128 MB Video Card (ATI Radeon X1600 or NVidia GeForce 7600)
Split/Second Review Split/Second Review Reviewed by Fachrul on 7:09 PM Rating: 5

1 comment

  1. Manteb nih gan, ane lagi nyari2 reviewnya,
    kuat gak kalo di laptop ane?
    RAM 2 GB
    VGA 128 MB GMA x4500MHD
    Ijin copas buat kaskus yeee...

    Follow back http://tukang-beling.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post AD